Cari Blog Ini

Selasa

Cara Mereset Kembali Printer Canon

 Kenapa harus bawa ketempat servis kalau kita sndiri bisa melakukan..... kan, hanya buang-buang ongkos dan waktu tententuya...... silakan coba di rumah nya,caranya gampang khooo...(caranya)



Kerusakan klasik untuk printer merek Canon adalah Nggak mau nyala, lampu printer berkedip dengan warna
hijau-oranye bergantian, saat ngeprint ngadat dan mengeluarkan pesan “Waste ink tank full”.Tipe kerusakan tersebut kebanyakan sama, dan penyebabnya karena penampung buangan tinta “berbentuk gabus” telah jenuh “waste ink tank full”. Untuk tipe printer canon memang penampung buangan tinta hanya terdiri dari gabus yang diletakan biasanya di dasar komputer.
Dengan teknologi flow system atau istilah kerenya printer di infus, membuat mudahnya dalam pengisian tinta. tanpa takut lagi kehabisan tinta saat mencetak. Kadang kala tinta tidak mengalir, atau tinta mengalir namun print head tidak mengeluarkan tinta. Solusi untuk ini biasanya dengan melakukan cleaning head lewat mintenance. Sebenarnya dengan melakukan cleaning print head kita telah menyedot tinta dan jika berlebih akan di buang di penampung. Kalau yang belum tahu dengan cleaning ini caranya   :
1. control panel >  hardware and sound
2. cari setup printer yang digunakan pada contoh ini saya mengunakan canon ip1900 series.
3. klik kanan pada printernya > Klik Propeties > Klik Mainentance > Klik Cleaning
4. tekan next aja selanjutnya sampai Proses berakhir.

Jika kerusakan telah terjadi, langkah yang harus kita ambil adalah mereset printer (istilahnya). Tujuan mereset printer adalah menghapus informasi tentang kondisi yang ada di printer, termasuk “waste ink tnk full”. Mereset printer ada dua metode: secara manual dan secara program. Untuk printer canon ip1900 series memerlukan kedua-duanya (manual dan software)
Cara manual untuk canon ip1900 series
Cabut semua kabel
•    sambil menancapkan kabel power tekan tombol power (jangan dilepas)
•    tekan tombol resuem kemudian lepas (tombol power masih ditekan)
•    Tekan sekali lagi tombol resume kemudian lepas
•    Lepas tombol power
Langkah tersebut adalah mereset printer secara temporary (bila listrik di cabut masalah timbul lagi). untuk menyelesaikan sampai tuntas perlu di reset permanent dengan software, bisa di download gratis dengan bantuan paman Google....heheheheheheh.
Begitu juga untuk seri atau merek yang lainya juga prinsipnya sama, yang berbeda mungkin hanya langkah dan softwarenya saja.




selamat mencoba yach....

salam P.L.U.R

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

banyak sedikitnya komentar anda tidak jadi masalah untuk kami, yang terpenting anda telah memberikan komentar terbaik untuk kami.