Cari Blog Ini

Senin

Cara Mencegah Virus Masuk Ke Komputer

 Sebelumnya aku udah kasi informasi tentang virus, nah sekarang aku kasi lagi tentang cara penanganannya atau mencegahnya biar nggak merusak otak komputer (bisa aja otak pemiliknya juga...hehehhehe.....)




Cara Mencegah dan Menanggulangi Virus Masuk ke Sistem Komputer
  1. Mengetahui dengan pasti apakah file atau program yang akan dikirim melalui email tersebut mengandung virus atau tidak.
  2. Mengetahui dan pastikan lampiran email tersebut dari siapa, sebelum disimpan atau dijalankan.
  3. Pastikan bahwa anda telah menanti lampiran email dari seorang yg Anda kenal dan percayai.
  4. Install software anti virus sekarang pada system komputer anda. Vendor software antivirus besar, seperti Symantec, Network Associates, Computer Associates, dan Kapersky Lab, menyediakan layanan update reguler (sebagai catatan Computer Associates InoculateIT merupakan software antivirus yang gratis). Beberapa vendor juga menawarkan layanan update reguler melalui situs Web perusahaan mereka.
  5. Update secara reguler sangat penting. Para periset dari Computer Economics memperkirakan bahwa 30 persen dari usaha kecil sangat rentan terhadap bahaya virus dan itu dikarenakan mereka tidak mengupdate software antivirus mereka secara teratur, atau mereka tidak menginstalasikannya secara benar.
  6. Mempunyai komputer back up/cadangan untuk menyimpan data penting. Jika tidak punya data back up, miliki Zip drive dan rutin selalu untuk mem-back up data file tersebut.
  7. Jika Anda ragu-ragu, silakan menghapus beberapa pesan e-mail yang mencurigakan/lampiran dan kirim emaill kepada si pengirim untuk memberitahu bahwa anda mencurigai suatu virus.
  8. 8.    Jangan pernah untuk membuka sebuah lampiran dgn extension file:. EXE. COM. VBS. LNK. PIF. SCR. BAT.
  9. Program anti virus sebaiknya bisa mematikan virus di memori, dan dapat memberi peringatan jika ada sesuatu yang aneh di memori komputer pemakai (misalnya besar base mem kurang dari 640 Kb) 
Moga Bermanfaat yah............Salam P.L.U.R

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

banyak sedikitnya komentar anda tidak jadi masalah untuk kami, yang terpenting anda telah memberikan komentar terbaik untuk kami.